Header AD

Setidaknya Dua Korban Tewas Dalam Serangkaian Gempa Bumi di New Zealand



Kaskusnews - Serangkaian gempa bumi kuat yang mengguncang Selandia Baru bagian Selatan Senin, memicu tsunami dan mengirim gempa susulan di seluruh negara yang menewaskan sedikitnya dua orang tewas, diberitahukan oleh para pejabat setempat.

Gempa pertama yang terjadi pada saat tengah malam berkekuatan sekitar 7,8 SR pada hari senin di dekat masyarakat pesisir Kaikoura, diberitahukan oleh US Geological Survey, sekitar 93 kilometer timur laut dari kota Christchurch.

Gempa ini memicu gelombang tsunami setinggi 2.49 meter atau setara 8 kaki yang menjadi tsunami dengan gelombag tertinggi di Selendia baru dalam kurun waktu 38 tahun.

Sebuah gempa 6,2 SR melanda sekitar 39 kilometer barat daya dari Kaikoura, lebih jauh ke utara dari Christchurch, sebelumnya sebuah peringatan tsunami sudah diberitahukan pada senin sore.

Selandia Baru adalah negara dibagian dengan kepulauan dibagian selatan pasifik, yang merupakan rumah bagi sebagian besar penduduk. Gempa susulan sempat terjadi dari Pulau Selatan bergema hingga sampai ke Wellington, ibukota negara di North Islan.

Sebelumnya Di Christchurch gempa 6,3 SR yang menghancurkan pada 2011 masih menjadi kenangan buruk warga New Zealand atau Selandia baru, yang menewaskan 185 orang dan melukai ribuan. 

Sebagian kota bersejarah pun ikut hancur terkena dampak gempa dan berubah menjadi puing-puing.
Setidaknya Dua Korban Tewas Dalam Serangkaian Gempa Bumi di New Zealand Setidaknya Dua Korban Tewas Dalam Serangkaian Gempa Bumi di New Zealand Reviewed by cibrenk on 11:33:00 AM Rating: 5

No comments

Post AD